Rumah Murah Tahan Gempa Kok

Rumah Murah Tahan Gempa Kok
Nur Januarita Benu - Okezone
Selasa, 28 Februari 2012 18:08 wib


Umar Sumadi di depan Rumah Murah karyanya (Foto: Nur Januarita Benu/Okezone)

JAKARTA - Rumah murah dengan harga Rp25 juta yang diprogramkan Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) menuai pertanyaan terhadap kekuatan struktur bangunan rumah tersebut. Apalagi mengingat banyak daerah-daerah di Indonesia yang rawan bencana seperti gempa maupun banjir.

Sang pencetus rumah murah tipe 36 ini yakni Umar Sumadi yang juga Direktur PT Grand Wijaya, pengembang yang telah membangun rumah murah sejak 1993 di berbagai daerah. Menurutnya, rumah murah yang dibangun dengan teknologi sistem cetak tersebut dapat tahan gempa, dan kedap air, karena ketahanan strukturnya cukup kuat dan tahan lama.

"Yang membuatnya tahan gempa, karena strukturnya terdiri dari: pertama, rumah dengan kerangka komposit, kedua, dinding rumah ini sifatnya dinding geser," katanya kepada okezone saat ditemui di kantor Kemenpera, Jakarta, Selasa (28/2/2012).

"Ini (rumah murah) adalah hasil penemuan saya. Saya sudah membangunnya sejak 1993, di Palembang, Aceh, juga Tangerang. Dan sampai saat ini masih berdiri kokoh," tandasnya.(rhs)

sumber : http://property.okezone.com/read/2012/02/28/471/584108/rumah-murah-tahan-gempa-kok


Tidak ada komentar:

Posting Komentar