2012, Pemerintah Berencana Bangun 100 Ribu Rumah Murah

2012, Pemerintah Berencana Bangun 100 Ribu Rumah Murah

Tribunnews.com - Selasa, 15 November 2011 21:35 WIB
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kabar gembira disiarkan Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera). Kemenpera berencana membangun rumah murah sebanyak seratus ribu unit, 30 ribu unit rumah susun, dan 210 ribu rumah tapak sejahtera pada 2012 mendatang. Hal ini menyusul data Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyebut sekitar 13,6 juta masyarakat Indonesia belum belum memiliki murah.

“Kami berharap Pemda juga bisa membantu penyediaan lahan dan perijinan pembangunan rumah murah ini,” kata Deputi Bidang Perumahan Formal Kemenpera, Pangihutan Marpaung di Jakarta, Selasa (15/11/2011).

Ia mengatakan, pembangunan rumah murah ini akan membantu masyarakat di daerah memiliki rumah layak huni dengan biaya terjangkau. “Saat ini animo Pemda untuk membangun rumah murah untuk masyarakat cukup besar. Kami optimis program rumah murah ini bisa diminati oleh Pemda di seluruh Indonesia,” ujarnya seraya mengemukakan, program rumah murah merupakan program direktif Presiden. Harga rumah murah ini juga cukup terjangkau yakni sekitar Rp 20 juta sampai dengan Rp 25 juta. Namun demikian, Kemenpera dalam pelaksanaan program ini juga memerlukan peran Pemda setempat untuk penyediaan lahan serta mempermudah perizinan pembangunan rumah murah ini.

Ia menambahkan, kemenpera juga membuka peluang bagi Pemda maupun koperasi di daerah yang memiliki tanah untuk lokasi pembangunan rumah murah ini. Adanya tanah yang telah tersedia itu merupakan kunci harga rumah murah terjangkau bagi masyarakat.

“Apabila Pemda atau Koperasi di daerah memiliki tanah siap bangun serta berada di lahan yang tidak produktif maka kami bisa membantu pelatihan teknis untuk pembangunan rumah murah ini. Selain itu, Kemenpera juga siap membantu pembangunan prasarana, sarana dan utilitas seperti saluran air serta jalan untuk kompleks perumahan rumah murah tersebut,” sergahnya.

Penulis: Srihandriatmo Malau | Editor: Ade Mayasanto
Akses Tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat m.tribunnews.com

sumber : http://www.tribunnews.com/2011/11/15/2012-pemerintah-berencana-bangun-100-ribu-rumah-murah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar